Pembangunan Peremajaan Mesjid Besar AL-MUNAWWAR Pijorkoling

Satu tahun lebih berlalu pembangunan peremajaan Mesjid Besar Al-Munawwar di Kelurahan Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara sejak peletakan batu pertama oleh Walikota Padangsidimpuan tanggal 05 Oktober 2015 hingga sekarang. 

Mesjid Besar Al-Munawwar Pijorkoling beralamat di Jalan H. T. Rizal Nurdin KM 8 Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan Propinsi Sumatera Utara. Mesjid yang sekarang ini dengan luas 19x16m = 204m2 satu lantai telah berdiri sejak ± 40 Tahun yang lalu.

Mesjid Raya Al-Munawwar Pijorkoling Sebelumnya.
Gambar Mesjid Raya Al-Munawwar yang akan dibangun - digambar dan diestimasi oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Padangsidimpuan

Latar Belakang Akan Dilaksanakan Pembangunan

Sudah lama cita-cita warga dan pengurus mesjid untuk meremajakan masjid ini. dan sudah saatnya untuk meremajakannya, yang melatarbelakangi akan dilakukannya pembangunan ini adalah:

  1. Pertumbuhan jumlah penduduk, lebih dari 700 Kepala Keluarga dengan 100% Muslim.
  2. Bertambahnya lahan yang diwakafkan disekitar mesjid yang sampai saat ini seluas 1.445 m2.
  3. Lahan mesjid sangat dekat di pinggir jalan, yang terkadang terganggunya melaksanakan ibadah, dan mengganggu lalulintas.
  4. Kapasitas terpasang dalam dan luar mesjid, sudah tidak mampu menampung masyarakat, melubernya jama’an sampai ke Jalinsum mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas, khususnya pada hari-hari besar islam (sholat Ied dan Pengajian Akbar).

Tujuan Peremajaan Mesjid Besar Al-Munawwar Pijorkoling

Peremajaan Mesjid Besar Al-Munawwar Kelurahan Pijorkoling akan menjadi mesjid yang presentatif sesuai latar belakang diatas, dan akan menjadi benteng tempat pembelajaran serta pengembangan mental akhlak dan spiritual masyarakat, yaitu dengan cara membuat/ melanjutkan kegiatan-kegiatan keagamaan, seperti pendirian Remaja Mesjid, TPQ, Pesantren Kilat, Pengajian-pengajian rutin dan pemaksimalan kegiatan Badan Amil Zakat (BAZ).

Pendanaan

Pembangunan ini membutuhkan dana 4 milyar lebih, bila dilihat dari Rancangan Anggaran Biayanya membutuhkan dana sebesar Rp. 4.338.227.000,-. sampai sekarang dana tersebut belum terkumpulkan, tetapi pembangunan tersebut sudah dilaksanakan dengan dana awal Rp. 128.000.000,- yang diperoleh dari sumbangan warga sekitar, dan bantuan lain dari pengusaha sekitar yang legal dan halal, serta dari pemerintahan daerah.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Panitia pembangunan Mesjid Besar Al-Munawwar Pijorkoling. Dimulai dari penggalangan dana dari warga Kelurahan Pijrokoling hingga menyebarkan proposal ke berbagai pengusaha dan lembaga swasta dan instansi pemerintah.

Donasi Anda

Salurkan donasi/ bantuan anda demi tercapainya cita-cita mulia ini.

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمۡوَٲلَهُمۡ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتۡ سَبۡعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ۬ مِّاْئَةُ حَبَّةٍ۬‌ۗ وَٱللَّهُ يُضَـٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ‌ۗ وَٱللَّهُ وَٲسِعٌ عَلِيمٌ
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan ALLAH, adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir pada tiap-tiap bulir tumbuh seratus biji. ALLAH melipatgandakan (Ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan ALLAH Maha Luas (Karunia-Nya) lagi Maha mengetahui” (QS. Al-Baqarah: 261)

Penyaluran bantuan dapat dilakukan melalui Nomor Rekening Bank atas nama Panitia Pembangunan Mesjid Al-Munawwar Pijorkoling.

Nomor Rekening BRI0135-01-00-0138-56-3
Nomor Rekening Mandiri: 107-00-0776172-1

Informasi selanjutnya dapat menghubungi Panitia Pembangunan Mesjid Al-Munawwar Kelurahan Pijorkoling melalui kontak berikut:

PANITIA PEMBANGUNAN MESJID BESAR AL-MUNAWWAR PIJORKOLING

Muhammad Ikhsan Harahap
Ketua, 0812 6395 4811
Rahmad Siregar
Wakil Ketua, 0813 7090 9920
Soleman NH.
Sekretaris , 0813 7501 6025
Hasiholan Pakpahan
Sekretaris I, 0853 7224 6150
Muhammad Arifin Harahap
Bendahara, 0813 6232 5288

Untuk informasi yang Uptodate mengenai pembangunan Mesjid Besar Al-Munawwar Pijorkoling dapat dengan mengunjungi website Mesjid Al-Munawwar Pijorkoling.

Akhir kata, semoga pembangunan mesjid besar Al-Munawwar Pijorkoling dapat dirampungkan dengan hasil yang memuaskan. Mohon bantuan moril dan material dari saudara-saudara. atas bantuannya diucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga Allah SWT menerima amal baik kita semua. Amin

0 Response to "Pembangunan Peremajaan Mesjid Besar AL-MUNAWWAR Pijorkoling"

Post a Comment

Kritik dan sarannya dipersilahkan...! No pising, no spam, tidak singgung sara.... :)
"bagikan komentar berpahala, tidak berkomentar tidak berdosa."

Lisensi Creative Commons